Pembelajaran Bahasa Arab
Pondok Pesantren Al-Ghozali Kota Cirebon menyediakan pembelajaran bahasa Arab ditargetkan agar santri dapat berkomunikasi secara aktif dan pasif dengan menggunakan bahasa Arab. Motivasi santri belajar bahasa Arab pun supaya dapat menjadi seorang yang berilmu.
Lingkungan berbahasa Arab memiliki peran yang sangat penting terhadap perkembangan kemahiran bahasa Arab pada santri Pondok Pesantren Al-Ghozali Kota Cirebon, kemahiran berbahasa Arab santri dapat dilihat dari pembendaharaan kata yang banyak melalui strategi penerapan lingkungan berbahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Ghozali yaitu ketika pembelajaran dengan menerapkan bahasa Arab sebagai bahasa sehari-hari, dan dengan adanya Munazzamah juga membuat keasrian lingkungan berbahasa Arab sehingga program dalam kegiatan berahasa Arab pada santri dapat berjalan dengan baik.
Banyak orang yang berminat dalam mengusai bahasa Arab, yang mana pembelajaran bahasa Arab merupakan bahasa yang sulit dikuasai, bagi pemula dalam hal tatan bahasa, ejaan, pengucapan, konjungsi dan aturan lainnya terlihat tidak mudah. Menurut Abi Dr. KH. Agung Fadhil,M.Ag. bahasa adalah suatu realita yang tumbuh dan berkembang yang mana sesuai dengan tumbuh kembanganya manusia sebagai pengguna bahasa. Sedangkan menurut Umi Nyai Khusnul Khotimah, S.Ag. bahasa adalah alat atau sistem komunikasi, dengan begitu bahasa merupakan suatu media yang terpenting dalam berinteraksi kepada manusia karena tanpa bahasa dalam interaksi diantara manusia akan sulit terealisasikan.
Selanjutnya terdapat berbagai makna bahasa Arab adalah Istilah yang dipakai oleh orang Arab untuk menggambarkan pemikiran dan tujuan mereka. Dengan ini banyak orang yang mencari wadah dalam pembelajaran bahasa Arab, lingkungan bahasa sangatlah memiliki pengaruh dalam meningkatkan kemahiran berbahasa peserta didik. Bahasa ialah suatu kebiasaan, dengan kebiasaan tentunya berbagai hal suatu yang menjadi kebiasaan peserta didik dalam berbahasa. Seperti halnya pondok pesantren yang mana didalam Setiap pesantren memiliki cara tersendiri dan ciri khusus dalam menerapkan sistem pendidikannya.
Leave a Reply